MENGOPERASIKAN SOFTWARE PRESENTASI

A. SOFTWARE PRESENTASI

Banyak kita jumpai dalam rapat – rapat atau pertemuan bisnis suatu aktivitas yang berhubungan dengan menjelaskan atau mempresentasikan suatu ide atau gagasan dengan menggunakan komputer yang di sajikan secara profesional. Salah satu software yang dapat di gunakan untuk mempresentasikan ide tersebut ialah Power Point.

Power Point dengan tampilan yang berisi teks yang dinamis, grafik, chart atau gambar – gambar digital atau film animasi yang dilengkapi dengan sound, memungkinkan penyampaian suatu ide atau gagasan tercapai dan terhindar dari kejenuhan seperti rasa kantuk, ngobrol, atau bosan. Power Point dapat digunakan antara lain untuk :

  • Mempresentasikan ide atau gagasan.
  • Mensosialisasikan hasil riset.
  • Mensosialisasikan peraturan – peraturan.
  • Menjelaskan cara kerja sesuatu.
  • Mempresentasikan sesuatu dengan pertemuan bisnis.

Power Point sering juga digunakan dalam proses belajar atau mengajar, baik di sekolah – sekolah maupun di oerguruan tinggi.

Power Point adalah program presentasi desktop yang profesional dan canggih. selain dalam tampilan yang berupa slide electronik pada layar komputer, juga dapat di cetak pada kertas, di cetak transparasi, bahkan dapat di buat slide dengan ukuran 35 mm.

B. MENJALANKAN POWERPOINT

Untuk mengaktifkan dan memulai program power point, caranya sama seperti pada program microsoft lainnya. Karena setup komputer dapat berbeda satu dengan yang lainnya, maka cara mengaktifkannya pun bisa saja berbeda seperti yang akan di uraikan berikut ini.
langkah – langkah untuk mengaktifkan power point sebagai berikut :

  1. Ketika komputer ada pada tampilan utama/desktop, klik tombol start di pojok kiri bawah layar.
  2. Pilih menu All Programs.
  3. Pilih menu Microsoft Office.
  4. Klik menu Microsoft Office Power Point 2003.

C. MEMBUAT PRESENTASI BARU

Untuk membuat presentasi baru, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan Blank Presentasi dan dengan menggunakan Template yang sudah ada.
1. Membuat presentasi mengggunakan Blank Presentasi
Langkah – langkah untuk membuat presentasi dengan menggunakan Blank Presentasi sbb :

  1. Setelah masuk dalam program power point, klik format pada menu
  2. Pilih slide layout
  3. Pilih jenis layout dengan cara menggerakan scrollbar atas dan bawah pada kotak slide layout yang ada di sebelah kanan layar monitor.
  4. Klik layout yang kamu sukai.
  5. Selanjutnya, kamu tinggal membuat isi presentasi tersebut.

2. Membuat presentasi dengan menggunakan template yang sudah ada
Langkah – langkah untuk membuat presentasi dengan menggunakan template yang sudah ada, sbb :

  1. Setelah masuk dalam program power point, klik format pada menu.
  2. Pilih slide design.
  3. Pilih jenis design dengan cara menggerakkan scrollbar atas dan bawah pada kotak slide design yang ada di sebelah kanan layar monitor.
  4. Klik design uang kamu sukai.
  5. Selanjutnya, kamu tinggal membuat isi dari presentasi tersebut.

D. MEMBUKA PRESENTASI

Untuk mulai bekerja dengan power point, di butuhkan dokumen presentasi blank yang berguna dalam membuat presentasi yang baru atau dokumen presentasi yang telah di siapkan sebelumnya untuk keperluan presentasi. Berikut ini diberikan cara membuka dan menyimpan presentasi.

1. Membuka Presentasi

Langkah – langkah yang diperlukan untuk membuka presentasi, sebagai berikut :

  • Memulai standar toolbar, klik tombol open dan pilih lokasi file yang akan dibuka.
  • klik Look in list, yang akan menunjukkan posisi dari file yang di inginkan seperti floppy disk, CD-ROOM, atau Harddisk.

2. Menyimpan Presentasi

Setelah presentasi dibuat, hasilnya dapat direkam untuk digunakan pada kesempatan lain, ada berikutnya direkam berulang-ulang, terutama bila editing sedang berjalan. banyak terjadi kasus, pada saat presentasi berjalan tiba- tiba stop kontak tersenggol atau beban listrik melebih, bahan unsur kesengajaan atau kesalahan memindahkan daya yang mengakibatkan listrik mati dan file nya hilang sehingga presenter menjadi kecewa dan kebingungan karena bahan – bahan yang sudah di siapkan hilang. oleh karena itu, untuk menjaga hilangnya file pada saat listrik mati maka file perlu disimpan dengan nama yang lain. Langkah-langkah berikut adalah cara menyimpan nam file dengan nama yang lain.

  • Setelah file presentasi dibuka, klik file kemudian save as dari menu.
  • Pada kotak File name, sudah ada nama file yang sedang dibuka. Hapus nama file tersebut dan ganti dengan nama file baru.
  • Klik tombol Save.

Untuk menyimpan hasil presentasi yang dibuat dari awal, bukannya mengubah dari file yang sudah ada, secara hampir sama dengan cara diatas, yaitu sbb :

  • Setelah selesai atau baru sebagian membuat presentasi, klik file kemudian save dari menu.
  • Pada kontak file name, ketikan nama file yang diinginkan.
  • Klik tombol save.

E. PRESENTASI DENGAN POWERPOINT

Dalam menggunakan powerpoint, kita dapat dengan mudah memindah mindahkan atau memilih satu slide ke slide lainnya, yaitu dengan cara menggunakan tombol scroll up dan scrool down atau dengan cara mengeklik slide yang di inginkan.
Isi slide panel yang kita buat, dapat diubah-ubah, baik bentuk huruf dengan berbagai jenis huruf, ukuran huruf, warna maupun tampilannya, sesuai keinginan dengan bentuk toolbar formating. supaya presentasi terlihat lebih menarik, maka setiap isi dari slide panel yang kita buat dapat diberi efek dinamis atau animasi. untuk memberikan efek animasi tersebut, caranya sebagai berikut.

  1. Klik slide show dari menu.
  2. Pilih Custom animation, maka akan muncul kotak Custom animasi yang ada disebelah kanan slide panel.
  3. Klik isi slide panel yang akan diberi efek animasinya.
  4. Klik tombol Add effect.
  5. Pilih jenis efek yang di tampilkan.

F. MENCETAK PRESENTASI

Setelah presentasi dibuat, selain dapat ditampilkan dalam monitor atau proyektor, dokumen presentasi dapat juga di cetak atau di-print out. Sebelum di cetak, sebaiknya dokumen setiap slide-nya diperiksa terlebih dahulu dalam tampilan layar atau monitor dengan tujuan : Jika ada suatu kesalahan maka dapat diperbaiki terlebih dahulu, sehingga pengguna kertas seefektif mungkin dan tidak terbuang percuma.

Langkah – langkah untuk mencetak presentasi, sbb :

  1. Klik file, lalu klik print pada menu.
  2. Pilih jenis printer yang digunakan.
  3. Pilih halaman berapa yang akan dicetak.
  4. Pilih berapa hasil yang akan dicetak.
  5. Klik OK untuk menjalankannya.

G. MACAM-MACAM TAMPILAN PRESENTASI

Karena dalam pembuatan presentasi melalui beberapa tahapan, maka tampilan dipresentasi terbagi atas empat yaitu normal outline, normal slide, slide sorter dan slide show.
1. Normal out line dan normal slide
Tampilan presentasi dalam bentuk normal line dan normal slide diperoleh apabila kamu melakukan langkah-langkah sbb :

  • Buka file yang sudah kamu buat di powerpoint.
  • Klik view pada menu.
  • Klik normal.
  • Klik Outline, dan kamu dapat memilih jenis outline dan slide nya.

2. Slide sorter
Tampilan presentasi dalam bentuk Slide sorter diperoleh apabila kamu melakukan langkah-langkah sbb :

  • Buka file yang sudah kamu buat di powerpoint.
  • Klik view pada menu.
  • Klik Slide sorter.

3. Slide show
Tampilan presentasi dalam bentuk slide show diperoleh apabila kamu melakukan langkah-langkah sbb :

  • Buka file yang sudah kamu buat di powerpoint.
  • Klik view pada menu.
  • Klik slide show.

……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: